Gala Sapa Pelanggan Tahun Ketiga: Perumdam Tirta Pandalungan Komitmen Perkuat Pelayanan di Tengah Tantangan

Saturday, 13 December 2025 - 15:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pihak Perumdam Tirta Pandalungan menyerahkan simbolis paket umrah. (Foto: Frensia/Sigit).

Pihak Perumdam Tirta Pandalungan menyerahkan simbolis paket umrah. (Foto: Frensia/Sigit).

Frensia.Id– Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Pandalungan sukses menggelar kembali Gala Sapa Pelanggan, sebuah acara tahunan sebagai wujud apresiasi kepada para pelanggan. Acara ini secara khusus ditujukan bagi pelanggan pasang baru periode 1 Januari hingga 20 November 2025 serta pengguna aktif layanan digital TPJ Inside.

Beragam hadiah menarik telah disiapkan, mulai dari peralatan rumah tangga seperti dispenser, kipas angin, mesin cuci, dan kulkas, hingga hadiah utama berupa sepeda motor listrik dan satu paket umrah yang diperuntukkan bagi pegawai Perumdam berusia minimal 41 tahun.

Bangga Gelar Acara di Tengah Efisiensi

Direktur Utama Perumdam Tirta Pandalungan, Miftahur Ridho, menegaskan bahwa pelaksanaan Gala Sapa Pelanggan tahun ini merupakan kali ketiga, dan tetap digelar meskipun perusahaan sedang menerapkan kebijakan efisiensi biaya.

“Ini adalah tahun ketiga Gala Sapa Pelanggan. Kami sangat bangga masih mampu menyelenggarakan acara ini di tengah masa efisiensi,” katanya, Sabtu (13/12/2025).

Dia menambahkan, bahwa acara ini murni dikemas oleh panitia internal tanpa menggunakan Event Organizer (EO).

Baca Juga :  Direktur Pascasarjana UNIIB Banyuwangi Kaji Peranan Alumni UIN KHAS Jember di Masyarakat, Ini Hasilnya!

“Terima kasih kepada seluruh panitia dan karyawan yang telah bekerja secara kreatif dan maksimal,” ujarnya.

Fokus pada Tantangan Air Baku dan Jaringan

Saat ini, Perumdam Tirta Pandalungan melayani sekitar 47 ribu pelanggan aktif dari total 57 ribu pelanggan di seluruh Kabupaten Jember. Namun, Miftahur Ridho tidak menampik adanya sejumlah tantangan besar yang dihadapi manajemen.

“Problem terbesar kami adalah ketersediaan air baku,” jelasnya.

“Perhitungan volume air dengan jumlah pelanggan saat ini sangat ketat. Air baku sangat minim, sementara kebutuhan terus meningkat,” tambahnya.

Kata Miftahur Ridho, keterbatasan air baku ini berimbas pada jangkauan layanan. Dari 31 kecamatan di Jember, Perumdam saat ini baru mampu melayani 11 kecamatan.

“Ini menjadi pekerjaan rumah (PR) besar bagi manajemen ke depan. Kami optimistis bisa melakukan ekspansi jaringan, dan mudah-mudahan ke depan kami bisa menjangkau hingga 20 kecamatan lainnya,” terangnya.

Selain itu, Perumdam juga mengakui masih menghadapi persoalan jaringan pipa lama yang berpotensi memicu kebocoran dan berdampak pada penurunan kualitas air.

Baca Juga :  Komisi B DPRD Jember Tunda Rapat dengan DTPHP Gegara Plt Kepala Dinas Tidak Hadir

“Jaringan tua memang rawan bocor atau kualitas airnya kurang baik. Kami sadar ini menjadi problem di Jember, dan kami berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan,” tegasnya.

Ajak Pelanggan Jadi Mitra Informasi

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan, Perumdam Tirta Pandalungan mendorong partisipasi aktif pelanggan untuk menjadi mitra informasi di lapangan. Miftahur Ridho mengakui bahwa sistem pemantauan jaringan internal belum sepenuhnya dapat diandalkan tanpa bantuan laporan dari masyarakat.

“Kami belum memiliki sistem monitoring yang bisa berdiri sendiri (otomatis),” ungkapnya. “Kami sangat berharap pelanggan membantu kami melalui pengaduan di TPJ Inside atau call center jika menemukan gangguan teknis pada jaringan,” paparnya.

Menutup sambutannya, Direktur Utama menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh karyawan yang telah bekerja maksimal di tengah keterbatasan.

“Terima kasih kepada seluruh pegawai Perumdam. Di tengah efisiensi, kita masih bisa melayani pelanggan dan menyelenggarakan acara ini dengan baik. Ini adalah bukti semangat kebersamaan kita demi pelayanan yang lebih maksimal,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel frensia.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow

Baca Lainnya

Salah Paham Berujung Pemobil Dikejar Debt Collector di Jember
Tabrakan Beruntun Libatkan 3 Kendaraan di Jember, Pengendara Motor Luka
Viral di Medsos, Dua Bocah Nyaris Tenggelam di Pantai Payangan Jember
Akademisi UNIB Situbondo Sebut Ulama Sebagai ‘Endorsement Moral’ dalam Politik
Demi Penguatan Wisata! Akademisi UIN KHAS Temui Kelompok Perempuan Desa Klatakan
Agen LPG Siapkan Strategi Khusus, Antisipasi Lonjakan Permintaan Gas Subsidi Jelang Nataru
Alasan Lion Air Mendukung dan Melayani Penerbangan Jember-Denpasar
Hiswana Migas Jamin Ketersediaan LPG Jelang Nataru, Imbau SPPG Tak Gunakan Gas Subsidi

Baca Lainnya

Saturday, 13 December 2025 - 15:44 WIB

Gala Sapa Pelanggan Tahun Ketiga: Perumdam Tirta Pandalungan Komitmen Perkuat Pelayanan di Tengah Tantangan

Saturday, 13 December 2025 - 12:00 WIB

Salah Paham Berujung Pemobil Dikejar Debt Collector di Jember

Friday, 12 December 2025 - 22:50 WIB

Tabrakan Beruntun Libatkan 3 Kendaraan di Jember, Pengendara Motor Luka

Tuesday, 9 December 2025 - 13:55 WIB

Viral di Medsos, Dua Bocah Nyaris Tenggelam di Pantai Payangan Jember

Monday, 8 December 2025 - 18:29 WIB

Akademisi UNIB Situbondo Sebut Ulama Sebagai ‘Endorsement Moral’ dalam Politik

TERBARU

Foto: Frensia/Tangkapan layar.

Regionalia

Salah Paham Berujung Pemobil Dikejar Debt Collector di Jember

Saturday, 13 Dec 2025 - 12:00 WIB