Frensia.id- Mahfud MD memposisikan kembali peran perguruan tinggi dalam menunjang tujuan negara dan mewanti-wanti untuk tidak melahirkan kasta sosial dengan mengutip salah seorang pemikir pendidikan dari Jerman, Ivan Illich.
Hal tersebut ia paparkan dalam akun Instagramnya pada 24 Juni 2025, yang mana merupakan kutipan dari isi orasi ilmiahnya. Disampaikan pada acara puncak Dies Natalis ke-38 Universitas Semarang (USM).
“Kehadiran perguruan tinggi adalah untuk turut membangun bangsa guna mencapai tujuan negara. Perguruan tinggi harus memupuk rasa nasionalisme yakni rasa memiliki, mencintai, dan kesediaan untuk menjaga atau membela Indonesia. Demikian salah satu point orasi ilmiah saya hari ini pada acara puncak Dies Natalis ke-38 Universitas Semarang (USM),” ungkap Mahfud.
Dalam rangka Dies Natalis USM yang mengangkat tema “Peran perguruan tinggi dalam menjaga dan membangun bangsa dan negara Indonesia,” Mantan Hakim MK Republik Indonesia era presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini juga menyampaikan akan pentingnya kebersatuan dalam keberagaman, kesadaran akan pluralitas sebagai anugerah yang maha kuasa
“Kita harus bersama menjaga kemerdekaan, menjaga kesamaan hak dan kedudukan untuk kesejahteraan rakyat,” terang Mahfud.
Pria yang pernah menjabat sebagai cawapres pada pemilu 2024 ini mengurai sebuah problem yang dihadapi oleh perguruan tinggi dewasa ini. Menurutnya fenomena pragmatisme dalam budaya pendidikan akan berdampak pada kelahiran-kelahiran kasta sosial.
Menjadi ancaman ketika orang-orang hanya berburu ijazah untuk meraih gelar dalam rangka memenuhi pra-syarat posisi sosial dan politik tertentu. Kondisi yang terjadi di perguruan tinggi ini, merupakan objek kritik dari Ivan Illich dalam bukunya yang berjudul ‘Deschooling Society’.
Sebagai ancaman dan bahan kritik pemikir pendidikan asal Jerman tersebut Menteri Pertahanan era Gus Dur ini memberikan afirmasi. Akan tetapi di sisi yang lain ia juga tidak menyetujui solusi yang ditawarkan oleh Illich.
“Meski yang dikatakan Ivan Illich benar bahwa adanya lembaga pendidikan formal menimbulkan kasta sosial dan perburuan ijazah tetapi kita menolak ide masyarakat bebas sekolah (deschooling society). Yang perlu kita lakukan adalah reorientasi sistem pendidikan kita agar penuangan filosofi, asas, dan pilar-pilar pendidikan menurut konstitusi ke dalam visi dan misi benar-benar dilakukan dan dioperasionalkan dalam proses yang akuntabel,” terang Mahfud MD.
lebih lanjut menurutnya langkah yang harus diterapkan adalah membangun etos keilmuan dan integritas akademik, menegakkan standar akademik, mengutamakan proses dan bukan hanya outputnya.
Solusi yang ia sampaikan tersebut adalah agar dapat melahirkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter. Tidak sekedar mempunyai gelar dan ijazah saja.