Frensia.id- Modifikasi Honda GL Series ternyata banyaj macamnya. Salah satunya adalah mengembangkan variasi gear untuk menguatkan torsi mesinnya. Hasilnya menakjubkan, pada GL 200 kecepatannya meningkat.
Terdapat berbagai cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kinerja mesin. Salah satu metode yang populer adalah memodifikasi mesin melalui variasi gearnya, di mana memiliki ragam ukuran rasio.
Jadi dalam aspek mekanik, banyak memainkan peran penting guna mendapatkan perfoma terbaik. Hal ini yang dibuktikan oleh tiga akademisi asal Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Ketiganya bernama Belandy Wimala Tirtana, Fatkur Rhohman dan M. Muslimin Ilham. Mereka fokus pada pengaruh rasio gear pada kerja torsi mesin GL 200. Temuannya telah dipublikasi di Prosiding Semnas Inotek (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) pada tahun 2018 lalu.
Ada tiga hal yang ingin mereka analisis, yakni berupaya membaca dampak ragam variasi rasio gear putaran mesin terhadap torsi pada Sepeda Motor GL200, kemudian pengaruhnya pada daya pada Sepeda Motor GL200. Titik akhirnya, adalah berusaha menyusun rasio gear ideal yang dapat menghasilkan kecepatan maksimum (km/jam) pada Honda Tersebut.
Proses kajian dilakukan dengan metode eksperimental. Sedangkan varian gear yang akan diuji adalah varian (ANOVA) dan bantuan software MiniTAB 17.
Setelah melakukan kajian yang rinci, akhirnya ketiganya menemukan bahwa torsi tertinggi dicapai dengan rasio gear 14/38 adalah terjadi pada putaran mesin 7000 rpm. Pada kondisi ini yang dihasilkan adalah torsi sebesar 1,46 kgf.m.
Selain itu, daya tertinggi ditemukan pada rasio gear 14/38 adalah pada putaran mesin 8000 rpm. Kondisi ini memberikan maksimal daya sebesar 15,7615 Hp.
Secara keseluruhan, ternyata rasio gear 14/38 dapat terbukti menghasilkan kecepatan tertinggi, pada 8000 rpm. Kecepatannya dapat mecapai mencapai 133,3 km/jam.
Temuan ketiganya telah membuktikan bahwa variasi rasio gear dan putaran mesin memiliki pengaruh signifikan terhadap torsi dan daya pada Sepeda Motor GL200. Uji cobanya mendapatkan hasil Nilai P-value kurang dari 0,05. Artinya, Rasio gear 14/38 terbukti memberikan performa optimal dalam hal kecepatan, torsi, dan daya. (“)