Pandangan Baru: Benarkah Wartawan Itu Akademisi?

Jumat, 1 November 2024 - 22:09 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pandangan Baru: Benarkah Wartawan Itu Akademisi? (Sumber: Canva)

Pandangan Baru: Benarkah Wartawan Itu Akademisi? (Sumber: Canva)

Frensia.id- Pandangan baru, Apakah wartawan hanya sekadar pemberi kabar? Pandangan tradisional melihat jurnalisme hanya sebagai perpanjangan tangan media yang tugasnya menyampaikan fakta kepada masyarakat.

Namun, sebuah perdebatan terbaru dalam dunia akademis mulai merubah perspektif ini: wartawan, dengan praktik yang mereka lakukan, dianggap layak diakui sebagai akademisi!

Dalam kajian yang mendalam, Chris Nash mengangkat kembali hasil evaluasi Excellence for Research in Australia (ERA) tahun 2010 dan 2012, yang memicu perdebatan hangat di kalangan akademisi jurnalisme.

ERA, sebagai alat penilaian kualitas riset di universitas-universitas Australia, berusaha mengukur standar riset dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk jurnalisme.

Namun, menurut Nash, cara evaluasi ini tidak sepenuhnya pas untuk mengukur apa yang dianggap sebagai “keunggulan” di bidang jurnalisme.

Apa yang membuat jurnalisme berbeda? Menurut Nash, jurnalisme bukan sekadar soal teori atau konsep. Ia adalah praktik yang berbasis pada hal-hal nyata, yang fokus pada masa kini, dan terikat erat dengan kepentingan publik.

Konsep ini, yang diperkenalkan oleh Stuart Adam pada 1994, membedakan jurnalisme dari studi komunikasi atau budaya yang cenderung lebih abstrak dan tidak selalu terkait langsung dengan peristiwa aktual.

Baca Juga :  PWI Jember Latih Humas SMA/SMK dan SLB Kuasai Teknik Jurnalistik

Menurut Nash, inilah yang menjadikan jurnalisme sebagai disiplin akademis yang unik, yang perlu dilihat sebagai bagian tersendiri dalam dunia riset.

Artikel Nash juga merupakan tanggapan terhadap para akademisi di jurnal-jurnal terkini yang menyoroti hal serupa melalui bagian “Frontline”. Di antaranya, Bacon (2012), Abplanalp (2012), Gooch (2012), dan Fitzgerald (2013) yang sepakat bahwa jurnalisme memang memiliki karakteristik yang berbeda.

Mereka mempertanyakan, apakah standar penilaian ERA, yang kaku dan tradisional, bisa benar-benar menilai keunggulan penelitian dalam jurnalisme.

Nash dan koleganya menyatakan bahwa perlu ada cara khusus untuk menilai jurnalisme, karena praktik jurnalisme sebagai riset harus mencakup aspek-aspek baru yang kini makin kompleks dengan adanya perkembangan teknologi dan perubahan dinamis dalam masyarakat.

Perubahan teknologi, misalnya, memberi dampak signifikan dalam praktik jurnalisme. Dengan hadirnya platform digital, cara-cara baru dalam mencari, menyebarkan, dan bahkan mengevaluasi berita terus berkembang.

Proses tinjauan sejawat atau editorial yang ketat dalam dunia akademis juga harus disesuaikan, karena jurnalisme adalah bidang yang butuh kecepatan dan respons langsung terhadap isu-isu yang sedang terjadi.

Baca Juga :  Tentang Protes RUU TNI, Komentar Deddy Corbuzier Dianggap Keliru

Di sinilah Nash menilai bahwa penilaian kualitas riset jurnalisme harus beradaptasi—seperti halnya wartawan yang juga beradaptasi terhadap dunia digital.

Untuk membangun posisi jurnalisme sebagai disiplin akademis yang unik, Nash mendorong penggunaan literatur metodologis dari berbagai disiplin ilmu terkait.

Metodologi ini, katanya, harus dapat mengakomodasi sifat jurnalisme yang nyata, responsif, dan berbasis praktik.

Dengan cara ini, jurnalisme bisa memiliki pendekatan penilaian tersendiri yang relevan dan adaptif, sekaligus memastikan bahwa riset jurnalisme mendapat penghargaan yang layak di mata akademisi dan publik.

Harapannya, diskusi yang dipicu oleh Nash akan membangun jurnalisme sebagai bidang akademis yang diakui dan dihargai. Melihat jurnalisme sebagai praktik riset yang berdiri sendiri, membuka peluang besar untuk memperkuat peran wartawan di dunia akademis.

Di tengah era informasi yang makin cepat berubah, jurnalisme bisa menjadi pilar utama bagi riset dan pengetahuan, yang tidak hanya bermanfaat bagi akademisi, tetapi juga bagi masyarakat luas.

Jadi, saat ini, wartawan tidak hanya menyajikan berita, tetapi juga ilmu pengetahuan—menggiring kita untuk bertanya, “Apakah wartawan masa kini adalah akademisi yang sejati?”

Follow WhatsApp Channel frensia.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow

Baca Lainnya

Wisuda Sekolah Menengah: Antara Gengsi, Tradisi, dan Edukasi
Anggota Komisi X DPR RI Apresiasi Buku Pengembangan SDM Modern Karya Dosen FISIP UNEJ
PWI Jember Latih Humas SMA/SMK dan SLB Kuasai Teknik Jurnalistik
UM-PTKIN UIN KHAS Jember 2025, Siapkan Kuota 4.230 Mahasiswa Baru
Buku Nabiel A. Karim Hayaze’, Gambarkan Musik Gambus Sebagai Simfoni Perekat Bangsa
Kartini, Lentera Pendidikan Perempuan
Sebanyak 782 Ijazah Diantar ke Rumah Siswa Secara Gratis, Cabdin Jember: Tak Ada Lagi Penahanan Karena Tunggakan
Model Kurikulum Murray Print: Solusi Menggapai Pendidikan Progresif

Baca Lainnya

Jumat, 16 Mei 2025 - 03:57 WIB

Wisuda Sekolah Menengah: Antara Gengsi, Tradisi, dan Edukasi

Jumat, 9 Mei 2025 - 18:10 WIB

Anggota Komisi X DPR RI Apresiasi Buku Pengembangan SDM Modern Karya Dosen FISIP UNEJ

Kamis, 8 Mei 2025 - 20:30 WIB

PWI Jember Latih Humas SMA/SMK dan SLB Kuasai Teknik Jurnalistik

Kamis, 24 April 2025 - 15:31 WIB

UM-PTKIN UIN KHAS Jember 2025, Siapkan Kuota 4.230 Mahasiswa Baru

Rabu, 23 April 2025 - 18:30 WIB

Buku Nabiel A. Karim Hayaze’, Gambarkan Musik Gambus Sebagai Simfoni Perekat Bangsa

TERBARU

Kolomiah

Ekoteologi Dan Iman Yang membumi

Selasa, 20 Mei 2025 - 20:22 WIB