Frensia.id- Bisnis penginapan di Bulan Puasa memerlukan inovasi yang terbaik, utamanya dalam mengatur dasboard dan visualisasi reservasinya. Perlu beradaptasi dengan rutinitas konsumen yang sebagian besar sedang melaksanakan ibadah puasa.
Reservasi biasanya diatur oleh departemen marketing perhotelan. Artinya, yang demikian merupakan kunci sukses pemasaran hotel di bulan puasa.
Umumnya, Departemen Marketing hotel bertanggung jawab dalam mempromosikan produk-produk hotelnya. Tentu, pada bulan Ramadhan mestinya berisi makanan-manakan dan layanan hotel untuk acara buka puasa selama.
Mereka juga bertugas mengirimkan pemesanan ke departemen lain seperti Departemen Layanan Makanan dan Minuman, Produk Makanan dan Minuman, Front Office, serta bidang Akuntansi dan lain sebagainya.
Terkait hal ini, ada seorang yang meneliti dan memberikan temuan menarik sebagai rekomendasi pengembangan Dasbooard dan reservasi hotel saat bulan puasa.
Akademisi tersebut bernama diantaranya, Anggi Hadi Wijaya, Ipriadi, dan Wahyu Fitri. Penelitianya berjudul, “Dasboard dan Visualisasi Reservasi Buka Puasa di Hotel XYZ MenggunakanLooker Studio & Google Form“. Telah terbit Maret 2024.
Tempet penelitian mereka adalah Hotel XYZ. Hotel ini berada pada rating tiga bintang yang terletak di kota Padang dan beroperasi di sektor akomodasi serta restoran.
Hotel XYZ terkenal sebagai salah satu tempat yang biasa menawarkan berbagai promo menarik, terutama untuk acara buka puasa bersama di hotel.
Departemen Pemasaran bertanggung jawab dalam mempromosikan Hotel XYZ khususnya untuk acara buka puasa selama bulan Ramadhan.
Diinformasikan, Slsaat ini Hotel XYZ masih menggunakan media sosial untuk mencatat dan membagikan reservasi buka puasa, yang sering mengakibatkan ketidaksesuaian informasi antar departemen.
Selain itu, yang menjadi kelemahan juga, departemen marketingnya juga tidak memiliki basis data. Utamanya, bagi tamu yang telah melakukan reservasi atau pernah melakukan buka puasa di Hotel XYZ.
Untuk itu, hotel tersebut akhirnya diberi rekomendasi untuk memakai loker studio yang dipadukan dengan google form. Hasilnya lumayan baik.
Penelitian yang dilakukan oleh Anggi Hadi Wijaya, DKK, menemukan beberapa manfaat pemakaian dua aplikasi itu.
Adapuan rincian manfaatnya adalah sebagaimana berikut ini:
- Departemen pemasaran diberikan kemudahan dalam menyampaikan informasi kepada semua departemen terkait, karena dapat diakses dari mana pun dan menghindari kesalahan komunikasi.
- Informasi diperoleh secara waktu nyata.
- Manajemen hotel dapat mudah memantau kinerja staf penjualan departemen pemasaran.
- Dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan.
- Departemen akuntansi dapat mudah memverifikasi pembayaran buka puasa dengan cepat.