Sejarah Panjang Motor Satria, dari 2 Tak Hingga 4 Tak

Gambar tangkapan layar akun instangram tantan_sopian13

Frensia.Id- Beberapa produsen sepeda motor Indonesia pasti memiliki produk yang dianggap legendaris. Salah satu contohnya adalah Suzuki Satria, yang telah diproduksi selama bertahun-tahun dan telah melalui berbagai generasi. Kuda besi ini sudah lama ada. Saat itu dikenal sebagai motor bebek underbone yang kuat. Pertama kali dirilis pada tahun 1997. Hingga saat ini, masih ada tempat untuk pecinta roda dua.

Usianya kini 24 tahun, sejak mendebut di Indonesia. Setidaknya sudah mengalami perubahan hingga delapan kali, mulai dari mesin 2-tak hingga 4-tak. Seperti ini sejarah panjangnya.

Suzuki Satria 120S

Bacaan Lainnya

Ia merupakan Satria generasi pertama di Indonesia. Merasakan aspal tanah air pada Oktober 1997. Ia dibangun dari basis RG Sport 110 (tidak dijual di Indonesia). Namun Suzuki menyematkan mesin 120 cc 2-tak. Ia diproduksi dengan platform sport underbone atau yang dikenal dengan sebutan motor bebek sport.

Suzuki Satria RU 120R

Satria 120 terus melejit dengan legenda motor bebek yang memiliki kekuatan sport dengan suspensi mumpuni. Selang 1 tahun dari kelahiran 120S atau tepatnya 1998, pabrikan melakukan upgrade dengan melahirkan Satria 120R. Ia hadir pada April 1998 dan masih mengusung mesin 2 tak jetcooled yang jadi ciri khasnya. Bedanya dia sudah pakai 6-percepatan dengan kopling manual. Sistem perpindahan transmisinya juga serupa dengan motor sport, gigi 1 diinjak ke depan sedangkan gigi 2 sampai 6 dicongkel atau diinjak ke belakang.

Suzuki Satria Hiu (120 LSCM)

Di akhir 2003 Suzuki mengimpor utuh Satria 120 LSCM dari Malaysia. Menurut beberapa sumber, LSCM kepanjangan dari Lion Suzuki Corporation Malaysia yang merupakan perakit motor Suzuki di Negeri Jiran. Di Indonesia, motor ini lebih dikenal dengan sebutan “Satria Hiu”. Lagi-lagi Suzuki memberikan desain yang berbeda di kalangan bebek saat itu. Banyak bagian bodi yang meruncing dan secara keseluruhan desainnya agresif, persis seperti hiu menerkam mangsa.

Suzuki Satria FU150

Akibat regulasi pemerintah soal emisi, Suzuki akhirnya berinovasi dengan produk unggulannya itu. Maka pada 2004 lahirlah Suzuki Satria FU150. Inilah awal era Satria bermesin 4-tak. Mulanya ia diimpor langsung dari Thailand dengan sedikit ubahan yang disesuaikan dengan kondisi jalanan Indonesia.