Frensia.id- Kehebatan Real Madrid FC sebagai klub ternama dalam dunia sepak bola dunia, ternyata bukan hanya karena aksi pemainnya di lapangan hijau. Tidak dapat dipungkiri, club besar asal Spanyol ini juga hebat dalam berkompetisi di pasar sepak bola.
Selain telah memenangkan Liga Champions Eropa tahun ini, ternyata Real Madrid FC juga terbukti sukses mengelola dan membentuk citra dan menggaet konsumen bola di pasar dunia maya. Hal demikian bahkan telah dibuktikan dari hasil riset para akademisi Eropa.
Salah satunya adalah sebagaimana riset yang disusun oleh Vlatka Vidic, Universitas Sagreb. Hasilnya telah diterbitkan dalam repository kampusnya tersebut.
Karyanya disusun untuk mengetahui seberapa hebat dan bagaimana strategi Real Madrid FC dalam mengelola identitas, citra, dan mereknya sendiri. Pada intinya, semuanya untuk memahami proses pembentukan merek yang merupakan bagian bisnis utama dari organisasi olahraga bergengsi di Eropa.
Pentingnya olahraga dalam kehidupan sosial, popularitas sepak bola dan transformasi pasar, tentu dapat dipastikan sebagai hal yang memiliki faktor utama, karakteristik komunikasi modern dan manajemen merek. Secara global, langkah ini adalah upaya pengembangan institusi olahraga populer.
Real Madrid sebagai klub kaya dapat dikatakan telah menunjukkan cara menciptakan merek yang sukses di pasar yang kompetitif. Analisisnya dilakukan pada data postingan Facebook dan survei online
Hasil penelitian Vidic ternyata menunjukkan bahwa komunikator Real Madrid tampaknya menggunakan strategi dan taktik pemasaran tertentu. Salah satunya yang mencolok adalah taktik klub raksasa ini dalam membangun hubungan sentimental dan daya tarik.
Melalui taktik tersebut, Real Madrid dianggap Vidic, tidak hanya mendapat keuntungan dari prestasi olahraga. Akan tetapi karena penempatan dan hasil pertandingan yang dikemas dengan sangat menegangkan.
Dengan kata lain, juga karena pengelolaan komponen emosional para pencinta sepak bola. Adapun yang dimaksud komponen emosional tersebut terdiri dari bintang olahraga, acara yang diselenggarakan, kemitraan berbayar dan komunikasi strategis.
Memang pendapatan dan keuntungan sangat penting bagi para manajer klub. Namun, lebih dari hal demikian, di zaman modern ini perhatian mereka juga beralih ke kegiatan pemasaran yang mengangkat gengsi dan reputasi.
Jadi, Real Madrid selain menghasilkan keuntungan, ada upaya lain dilakukan dalam berkontestasi di pasar sepak bola. Diantaranya, mereka melakukan manajemen merek klub olahraga yang mampu mendorong interaksi dengan konsumen, membangkitkan emosi, dan memungkinkan keterlibatan audiens.
Seluruh proses tersebut, dapat dianggap mengarah pada penguatan nilai-nilai yang ada dalam simbolisasi Real Madrid sendiri. Beberapa nilai yang dimaksud adalah kualitas, loyalitas, kesadaran, dan asosiasi konsumen para penggemarnya.