Frensia.id- Saat puasa banyak orang malas keluar rumah. Namun pembelian barang-barang secara online umumnya meningkat. Hal demikian tentu merupakan peluang bagi para pelaku bisnis online. Untuk itu perlu memahami apa saja yang mendorong mereka untuk belanja secara daring.
Ada satu penelitian berjudul, “Analisis Keputusan Pembelian Pada Online Shopping Selama Bulan Ramadan: Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Di Indonesia”. Ditulis oleh Mayang Manguri Rahayu dan rekan-rekannya pada tahun 2023.
Riset yang diterbitkan dalam Jurnal limiah manajemen ini, bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen Muslim di Indonesia selama bulan puasa. Khususnya, pada platform belanja online.
Pendekatan yang dipakai adalah kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Sedangkan Respondennya, terdiri dari konsumen Muslim dan pemilik toko online yang aktif dalam jual beli secara daring selama bulan puasa di Indonesia.
Setalah mereka melakukan kajian yang mendalam, ada beberapa faktor yang ditemukan dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelanjaan secara online.
Adapun faktor tersebut terdiri dari budaya, sosial, pribadi, serta peran dan status individu. Kesemuanya dijelaskan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim online di Indonesia. Semunya terjadi selama bulan Ramadhan dan pada beberapa platform belanja online.
Dijelaskan juga, bahwa temuan mereka direkomendasikan secara praktis bagi pelaku industri e-commerce. Temuan tersebut dapat membantu dalam memahami preferensi konsumen Muslim selama bulan Ramadhan. Hasilnya, diharapkan dapat meningkatkan konsumen di platform belanja online di Indonesia. Seluruh faktor dapat dijadikan dasar dalam mengupayakan pengembangan bisnis para pelaku usaha online.