Frensia.id- Ternyata, bukan hanya dicintai dan dikaji para pencintanya, GL Series Motor telah diteliti oleh sejumlah pakar otomotif. Khususnya, urusan modifikasinya. Salah satunya, seri GL Max telah diteliti saat dimodifikasi dengan memakai CDI Standard dan CDI Shogun 110 CC.
Motor GL Max, sang legenda touring dari Honda memang juga telah menyedot perhatian pihak akademisi. Selain karena telah melegenda, juga karena banyak modifikasi multi mesinnya yang keren.
Ada beberapa peneliti yang memutuskan untuk bersama meneliti performa modifikasi GL Max. Beberapa diantaranya, Didik Sugiono, Novi Indah Riani, Aini Lostari yang sama berasal dari Universitas Qomaruddin dan Aries Kusdyanto Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.
Ketiganya kompak meneliti performa modifikasi GL Max 125 yang memakai CDI Standard dan CDI Shogun 110 CC. Hasil penelitian keempat pakar akademisi ini telah diterbitkan dalam AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education pada tahun 2022.
Riset yang dilakukan tersebut berupaya melakukan identifikasi karakteristik performa mesin sepeda motor Honda GL Max 125 CC, saat menggunakan CDI standar dan dengan CDI Shogun 110 CC. Keduanya akan dibandingkan.
Demi temuan penelitian yang komprehensif, Didik Sugiono dan rekan-rekannya berusaha mengumpulkan data melalui metode uji jalan (on-road test). Hasilnya kemudian dianalisis secara mendalam.
Mereka menjelaskan bahwa proses pengujian dan analisis menghasil data yang menunjukkan peningkatan rasio gigi serta perbedaan start awal pada kedua jenis CDI tampak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap performa mesin. Beberapa yang dipengaruhi misalnya, mencakup aspek kecepatan, akselerasi, tenaga, torsi, dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) sepeda motor.
Setelah dilakukan uji jalan, didapatkan bahwa kecepatan dan akselerasi mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya gigi, baik pada CDI standar maupun CDI Shogun 110cc. Namun, tenaga keduanya berbeda. Pada CDI Shogun 110cc lebih kuat jika dibandingkan dengan CDI standar dan diiringi dengan peningkatan torsi.
Menariknya, konsumsi bahan bakar pada CDI Shogun 110cc lebih efisien atau lebih hemat dibandingkan dengan CDI standar. Besar kemungkinan hal demikian disebabkan oleh rasio gigi yang telah dioptimalkan oleh sesuai pabrikan dalam kondisi operasional motor.
Hasil temuan mereka tampak telah memberikan wawasan mendalam mengenai modifikasi pada komponen CDI dapat mempengaruhi berbagai parameter performa mesin GL Max. Hal demikian dianggap dapat memberikan dasar pengembangan inovasi para pencintanya.