Frensia.id- Adu plat Kopling adalah ada komponen esensial dalam sistem kendaraan bermotor. Misalnya Honda GL 100 dan Tiger. Meskipun tampak sederhana, fungsi Plat Kopling sangat vital dalam menghubungkan mesin dengan transmisi, memungkinkan pergantian gigi yang halus, dan memberikan kontrol optimal pagi performa mesin. Bagaimana jika plat koplig Honda GL 100 didadu dengan tiger?
Berdasarkan berbagai sumber, ada masalah yang selalu terjadi pada performa mesin sepeda motor Honda Tiger. Yang demikian sering kali terjadi ketika menggunakan lapisan standar dan plat kopling bawaan.
Mesinnya cenderung kurang bertenaga dan tidak optimal. Beberapa sumber menyarankan bahwa performa terbaik dapat dicapai dengan mengganti komponen seperti kanvas dan plat kopling dengan yang berasal dari sepeda motor Honda GL Series, yakni GL 100.
Modifikasi demikian yang fokus dikaji oleh Muhammad Irfan Zidni, Budiyono Budiyono dan Imam Prasetyo. Ketiganya adalah akademisi Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
Penelitinya disusun dalam bentuk jurnal. Telah terbit pada tahun 2022 kemarin di Surya Teknika.
Riset mereka ini berupaya untuk mengetahui perbedaan tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin dengan menggunakan bantalan dan plat kopling standar Honda Tiger dibandingkan dengan menggunakan plat dan bantalan kopling Honda GL 100 dalam mesinnya masing-masing.
Pengujian dilakukan dengan metode daynote dan menggunakan dinamometer. Semuanya ditest dengan cara mensilang seluruh pasangan komponen. Artinya, plat kopling Honda GL 100 dipasangkan pada Tiger dan begitupun sebaliknya.
Setalah melakukan pengujian dengan seksama, ketiganya akademisi ini akhirnya menyimpulkan bahwa Plat Kopling Honda GL 100 yang baik dari Tiger. Sedang Tiger menang dalam urusan komponen mesin.
Jadi, performa mesin terbaik dicapai dengan menggunakan pad dan plat kopling Honda GL 100 pada mesin Honda Tiger. Dengan konfigurasi ini, mesin menghasilkan tenaga maksimal sebesar 16,0 HP pada putaran 7250 RPM dan torsi maksimal sebesar 17,32 Nm pada putaran mesin yang sama.
Peningkatan demikian disebabkan oleh desain plat kopling Honda GL 100 yang berbentuk lingkaran dengan titik-titik khusus, sehingga cengkeraman pada lapisan kopling menjadi lebih kuat dan meningkatkan performa tenaga serta torsi mesin.